Langsung ke konten utama

Tips Menjadikan Artikel Kita Mencuri Perhatian Para Editor dan Reviewer

Tips dan trik menjadikan artikel yang mampu mencuri perhatian para editor dan reviewer:
  1. Paper yang punya nilai orisinalitas. Paper yang orisinil di sini mampu memaparkan temuan baru, metode baru dan hasil baru yang belum ada sebelumnya.
  2. Sebuah paper bermutu juga harus relevan dengan keilmuan yang sudah ada saat ini.
  3. Terkait metodologi penelitian. Metodologi yang valid dan objektif juga dipandang perlu untuk dapat menghasilkan sebuah karya ilmiah yang berkualitas.
  4. Kejelasan, struktur dan kualitas penulisan juga merupakan faktor yang penting untuk diperhatikan. Apakah calon tulisan yang akan dipublikasikan itu komunikatif atau tidak.
  5. Karya yang memiliki deretan argumen yang progresif. Argumen yang datang belakangan menguatkan arguman yang ada pada bagian awal.
  6. Penulis karya ilmiah, masih menurut sumber yang sama haruslah memperhatikan kesesuaian aspek teoritis dengan aspek praktis. Penelitian sudah seharusnya mampu menjawab dilema yang ditimbulkan oleh pertanyaan so what?
  7. Kesesuaian referensi dan resensi sumber materi juga menjadi hal penting. Gunakan tools reference.
  8. Cakupan penelitian. Para editor lebih menyukai suatu paper yang memiliki global focus. adanya itikad untuk menyelesaikan permasalahan dengan lingkup global.
  9. Para editor sangat menantikan paper penelitian yang sejalan dengan cakupan dan tujuan yang ingin dicapai oleh tim editorial.
  10. Judul yang bagus, kata kunci yang tepat dan abstraksi yang tertulis dengan baik.
  11. Never give up. Tetap semangat.
Semoga bermanfaat.

Komentar

  1. Yth Pak Ardi, saya seorang dosen, sudah beberapa kali submit di jurnal seperti IJEFI. saya mau submit di IJABER. bapak bisa bantu ? terima kasih. sugengsuroso1@gmail.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini